Tuesday 27 November 2018

Cara Membuat Pivot Tabel di Excel


Salah satu fitur di microsoft excel yang digunakan untuk menganalisa data adalah Pivot Tabel. Menganalisa disini maksudnya adalah bahwa dengan pivot tabel kita bisa melihat data dari beberapa sudut pandang atau beberapa pilihan dengan informasi yang ditampilkan pastinya akan berbeda.
Contoh penggunaan pivot tabel misalnya digunakan untuk menganalisa data penjualan barang. Data penjualan barang nanti kita akan bisa melihat apakah kita akan melihat dari sisi penjualan secara keseluruhan, bisa  juga penjualan berdasarkan barang, bisa juga penjualan perhari, perbulan, pertahun atau informasi lain yang memang ada didalam data tersebut.

Baca Juga : Cara menggunakan Filter Data di Excel

Contoh yang lain misalnnya di dalam data kependudukan. Dengan pivot tabel kita bisa menampilkan keseluruhan jumlah penduduk, nanti bisa juga ditampilkan per provinsi, per kabupaten, per kecamatan, per desa atau kelurahan sampai dengan nama-nama penduduknya misalnya.
Nah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat Pivot Tabel untuk informasi Kependudukan.

Langkah pertama:

Buat data berikut di excel



Langkah kedua:
Buat Pivot Tabel, caranya:
      1. Klik menu insert
      2. Klik pivot  tabel, akan muncul tampilan berikut


     Pada pilihan Table/Range blok data yang akan digunakan untuk membuat pivot tabel. Contoh
     data   diatas adalah di blok cell A1-N25.
      3. Pilih new Worksheet atau buka sheet baru. Kemudian pilih OK maka akan tampil
      4. Klik kemudian drag ThnLahir dan letakkan di Area Report Filter

      5. Klik kemudian drag BlnLahir dan letakkan di Area Report Filter  
      6. Klik kemudian drag TglLahir dan letakkan di Area Report Filter
7. Klik kemudian drag namaprovinsi dan letakkan di Area Row Labels
      8. Klik kemudian drag namakabupaten dan letakkan di Area Row Labels
      9. Klik kemudian drag namakecamatan dan letakkan di Area Row Labels
     10.Klik kemudian drag namadesa dan letakkan di Area Row Labels
     11.Klik kemudian drag namapenduduk dan letakkan di Area Row Labels
     12.Klik kemudian drag jeniskelamin dan letakkan di Area Column Labels
     13.Klik kemudian drag namapenduduk dan letakkan di Area  Values
          Hasilnya seperti berikut


       Untuk informasi lebih detail kita bisa format tampilan diatas dengan cara
        14.Klik menu desain-pilih Report Layout-pilih Show Tabular Form seperti tampilan berikut
            Hasilnya seperti berikut


       15.Klik tanda Plus di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk melihat lebih detail
      
      Bisa pilih juga ThLahir atau BulanLhr atau TglLahir untuk informasi yang lain.

Selesai

Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Please comment....